LINTAS DEMOKRASI ! PEMBENTUKAN BPD CURAHPOH PERIODE 2017 – 2023


CURAHPOH, 28 DESEMBER 2017

Kamis malam tepat pukul 19.00 WIB, Pemerintah Desa Curahpoh melaksanakan Musyawarah Desa Curahpoh dalam agenda Pembentukan Pengurus BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Periode 2017 – 2023. Forum musyawarah ini dihadiri oleh berbagai unsur lapisan masyarakat yakni Unsur Lembaga Kemasyarakatan dan Unsur Tokoh yang ada di Desa Curahpoh, dan hadir juga Bapak BABINSA Desa Curahpoh. Berangkat dari berakhirnya masa jabatan BPD periode sebelumnya, sesuai dengan SK Kepala Desa yang berakhir pada Bulan Desember 2017. Maka dalam hal ini pemerintah Desa Curahpoh harus segera membentuk pengurus baru BPD untuk periode 2017 –2023, sesuai amanat (Peraturan Menteri Dalam Negeri) PERMENDAGRI Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Beberapa bulan sebelum masa jabatan BPD berakhir, Kades Curahpoh sudah membentuk kepanitiaan Pemilihan anggota BPD yang baru. Selanjutnya Panitia menjalankan tugasnya yakni melakukan tahapan – tahapan yang sudah ditentukan oleh PERMENDAGRI NOMOR 110 Tahun 2016, melakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon anggota BPD dari keterwakilan masing – masing wilayah Desa yang meliputi : Keterwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda danTokoh Perempuan.

Panitia melakukan Penyaringan dan Verifikasi administrasi dari masing – masing pendaftar sesuai dengan tenggang waktu/ jadwal yang sudah ditentukan. Pada Kamis malam kemarin, panitia yang didampingi oleh Bapak Kades dan BABINSA, melaksanakan forum musyawarah Desa pembentukan BPD. Dari hasil musyawarah tersebut menetapkan 7 orang sebagai Pengurus BPD Desa Curahpoh Tahun Periode 2017 – 2023 dengan susunan pengurus sebagai berikut :

  • Ketua                                                                            : Ahmadi
  • Wakil Ketua                                                                : Samsul Hadi
  • Sekretaris                                                                    : Lina
  • Bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan pembinaan kemasyarakatan  pembinaan kemasyarakatan : Sugiyanto & Zainurrozikin
  • Bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa :   Bunal,  Faris

Kepala Desa Curahpoh, David Wahyudi, S.Sos dengan terbentuknya pengurus yang baru, beliau berharap kedepan pengurus yang baru ini kiprah kepada Desa bisa lebih baik daripada pengurus yang sebelumnya, Agar pembangunan yang ada di Desa Curahpoh bisa berjalan dengan sukses dan lancar.  “Semoga pengurus yang baru ini bisa lebih aktif, lebih peduli dan aspiratif dalam mendukung pembangunan Desa dalam berbagai bentuk yang ada di Desa Curahpoh ini” (Ujar Kades Muda – David Wahyudi, S.Sos). Dalam sambutannya juga, Bapak H.Wahyu Wijatmiko selaku BABINSA Desa Curahpoh Berpesan :“BPD adalah Mitra Kerja Kepala Desa dalam segala bentuk Pembangunan Desa yang ada, jadi kami berpesan kepada BPD Curahpoh, untuk menjadi Mitra Kerja yang baik demi suksesnya Pembangunan Desa.” (TA_30/12/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar