POTENSI DESA CURAHPOH PART 5 : PRODUK OVOP – CURAHPOH PUNYA “CUKONG”


20170728_082323Seperti yang kita ketahui singkong kaya akan vitamin K yang memiliki peran dalam membangun masa tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi singkong dapat menurunkan resiko osteoporosis. Selain itu, vitamin K akan melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.  Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain seng, magnesium, tembaga, besi dan mangan. Selain itu, singkong memiliki jumlah kalium yang cukup sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh dan mengatur tekanan darah.

 

Produk singkong yang dikelolah oleh masyarakat desa curahpoh ini memiliki potensi jika diberi sedikit sentuhan inovasi, inovasi yang dilakukian menhasilkan produk yang dapat bersaing di pasaran. Cukong sendiri adalah Curahpoh Kripik Singkong, yang dimaksudkan dalam nama ini adalah bahwa kripik singkong ini asli olahan masyarakat desa curahpoh. Kripik ini tidak berbahan pengawet sehingga tidak membahayakan bagi tubuh jika dikonsumsi. Memiliki berbagai varian rasa, rasa keju, rasa pedas, rasa balado, dan rasa barbeque. Harga yang dipasarkan pun cukup ekonomis untuk masyarakat, hanya Rp 6000 saja kita semua dapat menikmati Cukong ini.

Cemilan ini cocok untuk semua kalangan dan semua usia, dapat dimakan saat santai dan saat bersama keluarga. Cukong ini juga dapat dijadikan oleh oleh untuk keluarga. Jika berkunjung ke daerah Bondowoso khususnya daerah kecamatan curahdami desa curahpoh dapat menjadikan Cukong ini sebagai oleh-oleh. Kemasan yang unik serta ekonomis dapat membuat oleh-oleh yang dibawa menjadi menarik, jadi tunggu apalagi. (27/07/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar